Cara Membuat Resep Karipap Pusing (Pastel), 8 Langkah Mudah

Diupdate Tanggal

Cara Membuat Resep Karipap Pusing, Pastel Singapura – di Indonesia sendiri dikenal berbagai jenis pastel seperti pastel isi abon yang kering, pastel isi sayur, pastel isi bihun dll, dimana untuk pastel isi sayur isiannya rasanya mirip dengan isian karipap, risol, dan samosa.

Karipap (Spiral Curry Puff) adalah makanan yang popular di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura, terdiri dari kulit luar dan isian yang didominasi kentang dan daging di dalamnya. Di Johor, karipap lebih dikenali sebagai epok-epok. Dalam bahasa Inggeris pula ia dipanggil curry puff (Wikipedia, 2020).

Untuk itu dalam pembuatan resep karipap diperlukan bahan isian dan bahan kulit. Bahan isian kebanyakan diisi dengan daging dan kentang, sementara bahan kulit terdiri dari terigu. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat kulit karipap, karena membuat kulit karipap adalah bagian yang sangat penting. Jika gagal, maka kulit yang ‘pusing’ atau melingkar pada karipap itu tidak akan nampak terlihat.

Bahan Pembuat Karipap

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Karipap ini terbagi tiga yaitu bahan isian, kulit A, dan kulit B. Rincian masing-masing dapat dilihat berikut:

Bahan Isian

Kami merekeomendasikan bahan isian menggunakan bahan isian dengan resep bisa dilihat di Isian Karipap, Risol, dan Samosa.

Kulit A (Bahan Dough Minyak)

  • 300 gr tepung terigu (segitiga biru)
  • 50 ml minyak
  • Sejumput garam
  • 150 ml air

Kulit B (Bahan Dough Mentega)

  • 150 gr tepung terigu
  • 2 sdm blue band Cake and Cookie (mentega putih)
  • 125 gr margarin blue band Serbaguna

Foto Hasil Resep Karipap (Pastel Singapura)

Karipap Pusing – Spiral Curry Puff

Cara Membuat Karipap Mudah dan Enak

PENTING: Isian karipap sudah disediakan dan bisa dilihat di Resep Isian Karipap, jika sudah siap silahkan lanjut ke proses berikutnya yaitu membuat kulit karipap.

Lihat Juga:  Resep Rempeyek Kacang Tanah Gurih Renyah Sederhana

1. Bahan Kulit A (warna putih) : campur semua bahan kecuali air, aduk hingga rata, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga adonan menyatu. Bulatkan, dan diamkan kurang lebih 15 menit.

2. Bahan Kulit B (warna kuning) : campur semua bahan, uleni hingga menjadi adonan yang kalis, bulatkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Adonan Kulit Karipap Pusing
Adonan Kulit Karipap (Dough)

3. Selanjutnya, bagi bahan adonan menjadi beberapa bagian. Bagi saja menjadi 5 bagian pada masing-masing adonan. Atau timbang saja sebanyak 100 gr untuk adonan bahan A, dan 50 gr untuk adonan bahan B. Diamkan sekitar 15 menit. Berikut penampakannya:

Pembagian Adonan Karipap
Pembagian Adonan Karipap

4. Selanjutnya, ambil satu bagian adonan putih, pipihkan. Kemudian letakkan adonan kuning di atasnya, tutup dan bulatkan. Gilas perlahan dengan alat rolling pin (atau penggilas lainnya). Olesi dengan minyak.

Proses Penggilasan Bahan Kulit Karipap A dan B
Proses Penggilasan Bahan Kulit Karipap A dan B

5. Lanjutkan dengan menggulung secara vertikal, gilas lagi kemudian gulung lagi.

Adonan A dan B yang Sudah Dicampur, Kemudian Digilas dan Digulung
Adonan A dan B yang Sudah Dicampur, Kemudian Digilas dan Digulung

6. Selanjutnya potong menjadi 4 atau 5 bagian. Lakukan hal yang sama pada adonan lainnya.

Proses Potong Setelah Adonan Karipap
Proses Potong Setelah Adonan Karipap

7. Ambil satu bagian dari hasil proses langkah di atas, pipihkan dan isi dengan isian karipap. Bentuk seperti bentuk pastel atau sesuai selera. Seperti ini contohnya:

Proses Pengisian dan Pembentukan Karipap
Proses Pengisian dan Pembentukan Karipap

8. Tahap terakhir adalah penggorengan! Panaskan minyak, goreng dalam minyak tenggelam dan api sedang. Matang kecoklatan, angkat, sajikan. Hasil dari proses penggorengan ada pada gambar di atas ya!

Tips Membuat Karipap Anti Gagal

Untuk menghasilkan karipap pusing (curry puff) yang renyah dan tahan lama, gunakan minyak goreng dengan api yang kecil saja. Masukkan ketika minyak sudah panas saja.

Lanjutkan dengan menggoreng 3-5 menit saja pada setiap sesi menggoreng. Tiriskan sejenak dan simpan dalam wadah.

Kita juga dapat menyimpan karipap siap goreng dengan cara menaruhnya di dalam freezer sehingga ketika ingin makan karipap tinggal di goreng saja, atau dijadikan bisnis karipap untuk dijual juga okehh. Dahhh selamat mencoba bunda!

Lihat Juga:  Resep Kue Lapis Tepung Beras Praktis Enak dan Kenyal
Sending
User Review
5 (1 vote)