Jenis Jenis Tepung Terigu, Kegunaan dan 39 Merk Terbaik

Diupdate Tanggal

Jenis-jenis tepung terigu (wheat flour). Apa perbedaan tepung terigu protein rendah, sedang dan tinggi? Apa perbedaan tepung cakra kembar vs segitiga biru vs kunci biru. Lalu apa yang disebut dengan tepung serbaguna? Merk tepung terigu terbaik kami punya daftarnya 39 merk, yuk ikuti penjelasannya berikut ini:

Ada berbagai macam jenis tepung untuk membuat kue ataupun makanan lainnya yaitu tepung beras, tepung terigu, tepung gandum, tepung aci atau pati, tepung ketan, tepung ubi, dan kegunaan selengkapnya disini.

Jenis Tepung Terigu

Untuk tepung terigu sendiri juga dikategorikan terbagi menjadi tepung terigu protein rendah, sedang, sampai dengan yang protein tinggi. Kita mulai yang pertama yaitu:

1. Tepung Terigu Protein Tinggi

terigu protein tinggi: cakra kembar

Tepung terigu protein tinggi adalah jenis terigu dengan kandungan protein 11-13% yang diperuntukkan membuat mie kenyal dan roti mekar. Tepung terigu ini sebagai bahan yang digunakan untuk resep yang membutuhkan kekenyalan, misalnya aneka resep donat, soes, roti tawar, roti manis, burger/hot dog bun, mie instant, mie basah, mie kering, martabak telur, dan roti goreng.

Terigu ini terbuat dari gandum pilihan untuk menghasilkan makanan yang lezat dan nikmat. Contoh terigu protein tinggi: Cakra Kembar, produksi Bogasari.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

tepung terigu segitiga biru tepung terigu protein sedang tepung serbaguna

Tepung terigu protein sedang adalah jenis terigu dengan kandungan protein antara 8-11% saja yang cocok untuk membuat cake dan aneka makanan / kue. Tepung ini biasa di sebut juga all purpose flour. Tepung serbaguna biasanya dipasarkan dalam kemasan 1 kg maupun 25 kg sesuai dengan keperluan pelanggan.

Resep apa saja yang bisa dibuat menggunakan tepung serbaguna? Banyak! Misalnya kami berikan resep cookies nutrijel, dan martabak keju.

Jadi tepung serbaguna adalah tepung terigu protein sedang.

kuepraktis.yaho-mart.com

Tepung terigu serbaguna atau protein sedang digunakan untuk resep makanan bertekstur lembut namun cukup mengembang. Misalnya adalah labu kuning lapis cokelat, kue brownies, kue kukus, cake tape, onde onde ketawa. Contoh tepung serbaguna adalah Segitiga Biru, produksi Bogasari.

3. Tepung Terigu Protein Rendah

terigu rendah protein kunci biru

Tepung terigu protein rendah adalah jenis tepung terigu dengan kandungan protein 6-8% sehingga cocok digunakan untuk resep yang adonannya agak encer seperti kue kering, bolu gulung , gorengan, biskuit, cookies, dll Contoh tepung terigu protein rendah: Kunci Mas, produksi Bogasari.

Semakin tinggi kandungan protein pada terigu maka akan mengandung gluten yang semakin banyak, oleh karena itu terigu protein rendah inilah yang mengandung gluten paling sedikit. Gluten adalah protein yang biasa ada pada gandum dan tepung. Gluten ini mengandung peptida yang akan berbahaya jika dikonsumsi oleh orang yang alergi gluten.

37 Merk Tepung Terigu Terbaik di Pasaran

Untuk menentukan terigu mana yang terbaik dan peringkat kualitas setelahnya maka harus dilakukan pengujian lab terlebih dahulu untuk menentukan kandungan gizi. Ada banyak produsen atau pabrik yang memasarkan berbagai macam tepung terigu dan yang menjadi pioneer atau senior karena sudah lama bergerak dalam bidang terigu ini adalah PT Bogasari dengan merek yang dikeluarkan cakra kembar, kunci biru, dan segitiga biru dengan masing-masing peruntukannya.

Berikut ini adalah berbagai macam jenis tepung terigu yang sudah beredar dan terkenal di pasaran:

Merk Terigu Protein Tinggi

(Penggunaan untuk mie, donat)

Cakra Kembar (by Bogasari 13%)

Terigu istimewa untuk mie kenyal dan roti mekar. Tepung untuk bahan aneka variasi makanan yang biasa digunakan untuk membuat donat, soes, roti tawar, roti manis, burger/hot dog bun, mie instant, mie basah, mie kering, martabak telur, dan roti goreng. Dibuat dari gandum pilihan untuk menghasilkan makanan yang lezat dan nikmat.

Golden Eagle (by Bungasari 13%)

Tepung terigu untuk roti manis/tawar. Untuk roti kualitas sempurna, mie kenyal dan mengkilap, Golden Eagle adalah pilihan yang sempurna.

Golden Crown (by Bungasari 14.5%)

Tepung terigu untuk roti manis/tawar. Ini sangat halus dengan kadar abu rendah, tepung terigu ini akan menghasilkan roti putih bersih, mengembang naik sempurna dengan tekstur lembut dan halus.

Kabuki (by Bungasari 13%)

Tepung terigu untuk roti manis/tawar. Paling cocok untuk: roti, pastri, roti manis.

Kabuki Gold (by Bungasari 13.5%)

Tinggi protein dan kadar abu rendah dengan tekstur halus tepung terigu Kabuki adalah pilihan sempurna untuk segala jenis roti tawar & manis. Terbuat dari gandum berkualitas tinggi, Kabuki adalah tepung gandum premium yang akan menghasilkan roti putih bersih yang naik sempurna dengan tekstur roti Jepang yang lembut.

Hikari Biru (by Bungasari 11%)

Tepung terigu khusus mie. Hikari Biru khusus merancang tepung terigu untuk membuat mie yang kuat, lembut dan kenyal. terbuat dari gandum pilihan terbaik berkualitas tinggi oleh para ahli bungasari, menghasilkan tepung gandum protein tinggi dengan kadar abu rendah untuk mie mengkilap yang membangkitkan selera. apapun variasi hidangan mie yang anda inginkan, hikari biru adalah kuncinya. Hikari Biru untuk mie kenyal dan yummy…

Krakatau (by Bungasari 13.5%)

Krakatau adalah tepung terigu berkualitas tinggi dan ekonomis untuk membuat roti tawar dan manis. Terbuat dari gandum pilihan terbaik melalui teknologi tinggi dan proses higienis menghasilkan tepung gandum berkualitas tinggi. Dengan Krakatau, roti menjadi lunak, kenyal, dan naik dengan sempurna. Cocok untuk industri skala kecil, menengah dan besar. Tepung Terigu Krakatau, Ekonomis untuk Roti dan Kue

Gerbang (by Interflour 13.5%)

Tepung terigu protein tinggi khusus dengan karakteristik gluten kuat sangat cocok untuk roti beragi bervolume volume tinggi, roti Eropa, pizza, dan kue kering

Gerbang Jingga (by Interflour 12%)

Tepung terigu berprotein tinggi biasa terutama untuk roti beragi beragi dengan volume rendah dan roti manis

Gerbang Mas (by Interflour 14%)

Tepung terigu protein tinggi premium dengan karakteristik gluten yang kuat, penyerapan air yang tinggi, kadar abu rendah dan cocok digunakan untuk roti beragi beragi dengan volume tinggi, roti Eropa, pizza, dan kue kering

Gerbang Merah (by Interflour 14%)

Tepung terigu protein tinggi dengan penyerapan air yang sangat tinggi, dan cocok untuk roti beragi ragi dan roti manis

Gunung (by Interflour 13%)

Tepung terigu berprotein tinggi biasa terutama untuk roti beragi beragi dengan volume rendah dan roti manis

K2 (by Interflour 12.5%)

Tepung terigu protein sedang hingga tinggi dengan karakteristik gluten yang kuat, penyerapan air sangat tinggi, kadar abu sangat rendah, sangat cocok untuk volume roti sedang tetapi kelembutan tinggi dari roti beragi ragi, pao dan mantao

Kawan Baru Biru (by Interflour 12%)

Tepung terigu berprotein tinggi biasa terutama untuk roti beragi beragi dengan volume rendah dan roti manis

Kawan Baru Mas (by Interflour 13.5%)

Tepung terigu protein tinggi khusus dengan karakteristik gluten kuat sangat cocok untuk roti beragi bervolume volume tinggi, roti Eropa, pizza, dan kue kering.

Serdadu (by Interflour 12.5%)

Tepung terigu khusus mie. Tepung terigu berprotein sedang hingga tinggi yang cocok untuk mie yang dapat diperpanjang, kadar abu sedang, baik untuk mie kering dan instan

Serdadu Biru (by Interflour 11%)

Tepung terigu khusus mie. Tepung terigu protein sedang hingga tinggi dengan karakteristik gluten yang kuat, kadar abu yang rendah dan sangat cocok untuk mie yang dapat diperpanjang, baik untuk mie basah premium dan kulit pangsit

Merk Terigu Protein Sedang

(Tepung serbaguna)

Segitiga Biru (by Bogasari 12.5%)

Segitiga Biru adalah tepung terigu serbaguna atau protein sedang untuk aneka resep makanan seperti brownies, bolu, cake pisang, dan martabak manis.

Bola Salju (by Bungasari 11.5%)

Bola Salju adalah tepung terigu protein sedang untuk hidangan seperti kue, brownies, martabak, donat, dll. Dengan Bola Salju, adonan naik sempurna, menarik dan lembut dalam tekstur. Saatnya berinovasi dengan Bola Salju. Tepung Terigu Serbaguna Bola Salju, Mitra untuk Setiap Inovasi

Jawara (by Bungasari 11%)

Dari makanan ringan, Fritter hingga makanan ringan tradisional, Jawara memberi Anda kebebasan untuk berinovasi dan membuat berbagai makanan ringan. Goreng menjadi renyah, tidak berminyak, dan lebih menggugah selera. Hadiahnya juga terjangkau. Tepung Terigu Jawara, Sang Juara Renyah

Gelang Berlian (by Bungasari 11%)

Saatnya membuat hidangan berbasis tepung terigu renyah, bergizi dan lezat dengan Gelang Berlian di setiap kesempatan. Gelang Berlian, Serbaguna untuk Hidangan Pembuka selera. Paling cocok untuk:
aneka macam gorengan, mie kering dan snack

Sania (by Wilmar 10-11%)

Tepung terigu berprotein sedang, cocok digunakan untuk aneka makanan, seperti martabak, kue, donut, bolu, muffin, brownies, cake, bakpia, jajanan pasar, dan sebagainya. Keunggulan: Sania tepung terigu serbaguna pilihan tepat untuk pengembangan kue dan tekstur yang lebih lembut.

Mila (by Wilmar 10-11%)

Tepung terigu berprotein sedang, cocok digunakan untuk aneka makanan, seperti martabak, jajanan pasar, roti goreng, cake, dll – Keunggulan: butiran yang lebih halus, menghasilkan produk yang bertekstur lembut dan lebih mengembang.

Kawan Baru Merah (by Interflour 10.5%)

Tepung terigu serbaguna berkualitas tinggi dengan kadar abu sedang dan cocok untuk donat, kue, roti manis, panekuk, martabak, dan baik untuk mie yang dapat diperpanjang sedang dan volume roti ragi roti beragi sedang

Kompas (by Interflour 11.5%)

Terigu kompas termasuk protein apa? Kompas adalah terigu protein sedang berkualitas tinggi dengan kadar abu sedang dan cocok untuk donat, kue, roti manis, panekuk, martabak, dan baik untuk mie yang dapat diperpanjang sedang dan volume roti ragi roti beragi sedang

Kompas Biru (by Interflour 10.5%)

Tepung terigu serbaguna berkualitas tinggi dengan kadar abu sedang dan cocok untuk donat, kue, roti manis, panekuk, martabak, dan baik untuk mie yang dapat diperpanjang sedang dan volume roti ragi roti beragi sedang

Merk Terigu Protein Rendah

(Untuk jajan pasar, kue kering, biskuit dan gorengan)

Kunci Biru (by Bogasari 11%)

Kunci biru cocok digunakan untuk membuat cookies atau yang renyah-renyah misalnya Lidah Kucing, Chocolate Chips Cookies, Cornflakes Cookies, dan lainnya

Lencana Merah (by Bogasari 11%)

Tepung lencana merah untuk apa? Terigu ini diperuntukkan aneka macam gorengan dan yang digoreng garing karena tidak menyerap minyak banyak.

Hana Emas (by Bungasari 9.75%)

Hana Emas adalah tepung terigu berprotein rendah dengan tingkat penyerapan air dan kadar abu yang rendah. ideal untuk aneka kue lunak, biskuit, kue kering, dan wafer renyah berkualitas premium. Tepung terigu Hana Emas, cocok untuk makanan berkualitas tinggi.

Hana Biru (by Bungasari 10%)

Bagi Anda yang suka membuat biskuit, kue kering, dan kue, sekarang ada HANA BIRU. Terbuat dari gandum berkualitas tinggi dengan komposisi sempurna, Hana Biru adalah pilihan tepat dengan kandungan protein rendah untuk membuat kue lembut dan makanan renyah namun sehat.

Niji (by Bungasari 9.75)

Nikmati biskuit renyah, kue, biskuit, dan kue lembut dengan tepung terigu Niji. Dibuat dengan teknologi modern dari pilihan gandum terbaik, Niji menjadi tepung gandum premium dengan komposisi sempurna yang akan membuat biskuit, kue kering, dan kue menjadi istimewa. Tepung terigu Niji, tepung khusus untuk kue dan biskuit.

Tulip (by Wilmar 9%)

Terigu tulip termasuk protein apa? Protein rendah dan cocok digunakan untuk membuat aneka macam gorengan dan jajanan pasar, karena harganya murah maka bisa menjadi alternative penjual gorengan.

Dua Pedang (by Interflour 9%)

Tepung terigu keperluan umum menggoreng gorengan, camilan, kue, dan mie ekonomis

Gatotkaca – warna hijau (by Interflour 10.5%)

Tepung terigu keperluan umum untuk menggoreng gorengan, camilan, kue, dan mie ekonomis.

Gatotkaca – warna merah (by Interflour 10.5%)

Tepung terigu keperluan umum untuk menggoreng gorengan, camilan, kue, dan mie ekonomis

Kawan Baru Coklat (by Interflour 8.5%)

Tepung terigu keperluan umum untuk menggoreng mantel, gorengan, camilan, kue, dan mie ekonomis banyak digunakan.

Teko Hijau (by Interflour 9-11%)

Tepung terigu protein rendah khusus dengan karakteristik gluten lembut, sangat cocok untuk Biskuit, Wafer, dan Kue Kering

Teko Merah (by Interflour 10%)

Tepung terigu protein rendah dengan tepung abu sangat rendah terutama dikembangkan untuk biskuit, kue, cocok untuk pao dan mantao juga

Serdadu Hijau (by Interflour 10.5%)

Tepung terigu khusus mie. Tepung terigu protein rendah sangat cocok untuk kenyal dan mie yang dapat diperpanjang, baik untuk mie kering ekonomis

Sending
User Review
5 (1 vote)