Resep Es Puter Kopyor Kelapa Muda Enak Segar

|

Agnes

Resep Es Puter Kopyor Kelapa Muda Enak Segar. Cara membuat es kopyor dari kelapa kopyor dan lebih enak lagi es puter kelapa kopyor.

ES PUTER yg katanya adalah ice cream asli Indonesia. Bentuknya sekilas sama dengan es krim biasa. Tetapi, ketika mencicipi Es Puter akan terasa gurih karena berbahan santan, bukan susu dan untuk pemanisnya dapat berupa gula pasir atau gula merah.



Disebut Es puter mungkin karena dalam pembuatan Es Puter ini dibuat di dalam tabung yang sekelilingnya diberi bongkahan es batu dan di taburi garam kasar lalu diputar di dalam tabung kayu hingga berbentuk es.

Penamaan es puter dapat juga berasal dari  si penjual menjajakan Es Puter ini dengan berkeliling komplek, baik dengan sepeda maupun gerobak. Dan kebiasaan si pedagang membunyikan semacam gong kecil saat berjualan  sehingga es puter juga disebut es dung dung atau es tong tong atau es tung tung.

Bagaimana cara membuat Resep Es Puter Kopyor Kelapa Muda Enak Segar, kita simak resep minuman segar berikut ini :

BAHAN YANG DIPERLUKAN : 
1 liter santan kental
½ sendok teh garam
1 lembar daun pandan (potong-potong)
150 gram gula pasir
1 sdm tepung maizena (larutkan dengan 3 sdm air)
200 gram kelapa muda/kopyor (cincang halus)



Bahan Pelengkap :
Potongan roti tawar
Tape Ketan
Potongan Alpokat

Resep Es Puter Kopyor Kelapa Muda Enak Segar

Resep Es Puter Kopyor Kelapa Muda

CARA MEMBUAT ES PUTER KOPYOR / KELAPA MUDA : 

Masak santan bersama dengan garam, daun pandan dan gula pasir hingga matang. Jangan lupa sesekali aduk santan supaya santan tidak pecah.

Campurkan maizena yang telah dicampur air tadi kedalam santan. Aduk hingga merata, setelah itu angkat dan dinginkan.

Lihat Juga:  Resep Membuat Es Krim Durian Cokelat Santan Enak

Buang daun pandan yang terdapat pada santan, lalu tambahkan kelapa muda atau kopyor kedalam santan yang telah dimasak tadi. Aduk hingga merata.

Masukan bahan es puter tersebut ke dalam container di freezer. Diamkan hingga santan membeku, kurang lebih 5 jam.

Setelah itu ambil dan haluskan dengan mixer atau keruk dengan centong sampai hancur. Simpan lagi es kedalam freezer sampai beku. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga es puter menjadi butiran halus.

Jika sudah halus, Es puter siap disajikan dan jangan lupa tambahkan pelengkap untuk menambah sensasi rasa es puter buatan Anda

TIPS MEMASAK :