Kue Praktis | Resep Kue Sederhana & Cemilan Praktis

Step by Step Cara Membuat Kue Praktis

Kue Praktis | Resep Kue Sederhana & Cemilan Praktis

16 February 2019

Resep Martabak Unyil, Terang Bulan Mini Hanya 2 Telur

Inilah resep martabak unyil atau martabak mini hemat telur hanya menggunakan 2 butir telur saja untuk menjadikannya empuk dan bersarang semut.

Salah satu resep cemilan praktis favorit keluarga kami adalah resep martabak unyil, terang bulan ukuran mini 2 telur yang praktis dan gampang dibuat, bahan resep mudah didapatkan serta bisa dipraktekkan sendiri maupun bersama keluarga di rumah. Sebelumnya yuk kita lihat dahulu resep martabak terang bulan mini hemat telur, sudah kami tuliskan resepnya secara ringkas dan jelas, silahkan di simak lalu dicoba, Bunda pasti bisa.. Ini dia resepnya :

200 gram tepung terigu
1/2 sendok teh ragi
1/4 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh garam
50 gram gula pasir
2 butir telur ayam
400 gram susu
Mentega secukupnya
Keju parut secukupnya
Cokelat meses secukupnya
Kacang tanah secukupnya

Resep Martabak Unyil, Terang Bulan Ukuran Mini Pakai 2 Telur

cara membuat martabak mini martabak unyil hemat telur


CARA MEMBUAT MARTABAK UNYIL

Langkah pertama campurkan tepung terigu , ragi baking powder , garam , gula pasir , telur ayam dan susu. Aduk hingga merata.

Siapkan wajan/ teflon khusus seperti wajan apem dan panaskan, kemudian masukkan menteganya (secukupnya saja ) dan biarkan mencair. kemudian gunakan api kecil untuk selanjutnya dipanggang.

adonan martabak mini paling enak dan hemat telur praktis mudah dicoba


Kemudian ambil adonan secukupnya, lalu tuang adonan dalam wajan dan ratakan, masak hingga setengah matang ( hingga kelihatan uap keluar dari permukaan).

Setelah itu taburkan cokelat meses, lalu keju dan kacang tanah (sesuaikan selera), di atasnya. Tunggu sekitar 1/2 menit saja.

Lalu angkat martabaknya dari wajan. Siapkan wadah / piring saji dan tata.

Martabak Manis Mini pun siap disajikan

TIPS MEMASAK MARTABAK UNYIL HEMAT TELUR

Demikian cara membuat resep martabak mini sederhana bisa untuk jualan simpel dan praktis kami suguhkan. resep cemilan praktis paling enak ini adalah resep yang mudah dicoba dari resep makanan, minuman dan resep kue sederhana koleksi kami yang sudah terbukti lezatnya, berasal dari sumber terpercaya dan telah diuji coba.

Setelah melihat cara pembuatan dan bahan yang diperlukan untuk resep martabak mini sederhana bisa untuk jualan diatas, begitu gampang kan bunda cara memasak hidangan ini? Bunda juga dapat melihat koleksi resep cemilan praktis kami yang lain melalui 'pilih aneka resep' yang ada di samping kanan.
Sebagai contoh silahkan lihat: Bolu Kukus Mekar Merona dengan Motif Semangka!
Kami yakin bunda dapat dengan mudah mempraktekkan resep yang satu ini di rumah sendiri dengan hasil yang sempurna asalkan bunda mengikuti langkah demi langkah resep martabak unyil, terang bulan ukuran mini 2 telur yang kami tuliskan dengan benar. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!
18 December 2018

✿ Widaran Keju Tepung Ketan, Telur Gabus Tepung Ketan ✿

Kepingin widaran keju tepung ketan atau biasa disebut telur gabus sebagai cemilan, dan niatnya nanti dijadikan sebagai kue lebaran karena renyah dan enak rasanya. Ini cemilan simpel dan praktis buat lebaran, tapi me-milin atau memuntirnya yang lumayan memakan waktu.

Salah satu resep cemilan praktis favorit keluarga kami adalah resep widaran keju tepung ketan, telur gabus tepung ketan yang praktis dan gampang dibuat, bahan resep mudah didapatkan serta bisa dipraktekkan sendiri maupun bersama keluarga di rumah.

Sebelumnya yuk kita lihat dahulu resep kue widaran dari tepung ketan atau biasa disebut kue gabus tepung ketan, sudah kami tuliskan resepnya secara ringkas dan jelas, silahkan di simak lalu dicoba, Bunda pasti bisa.. Ini dia resepnya :

Bahan Membuat Kue Gabus / Widaran Keju Tepung Ketan

150 gram tepung ketan putih
30 gram keju parut halus
1/2 sendok teh garam
1 butir telur, dikocok berbusa
75 ml santan dari 1/4 butir kelapa
Icing sugar sckupnya
minyak untuk menggoreng

Widaran Keju Tepung Ketan / Telur Gabus Tepung Ketan

resep widaran manis tepung ketan

CARA MEMBUAT WIDARAN TEPUNG KETAN

Campur tepung ketan putih, keju parut, garam, aduk rata. Masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit. Aduk sampai kalis.

Ambil sedikit adonan. Bentuk menurut selera. Masukkan dalam minyak dingin. Nyalakan api kecil. Goreng sampai matang dan kering.

Setelh dingin masukkan kantong plastik dan kasih icing sugar (gula bubuk yang biasa dipakai untuk donat) ..kocok-kocok hingga rata.

Lalu masukkan dalam wadah toples yang kedap udara untuk menjaganya awet tahan lama dan renyah.

Ssstt: Bunda ada rasa varian lain telur gabus loh! Yaitu telur gabus gula merah


Widaran Keju Tepung Ketan


TIPS MEMBUAT TELUR GABUS

Dalam resep ini disediakan dua rasa yaitu rasa keju yang gurih, bagi anda yang suka rasa manis silahkan mencampurnya dengan gula halus (icing sugar) yang biasa dipakai untuk membuat donat. Untuk memilinnya bunda bisa libatkan anggota keluarga lain misalnya anak sehingga memasak lebih cepat selesai.

Demikian cara membuat resep widaran manis tepung ketan simpel dan praktis kami suguhkan. resep cemilan praktis paling enak ini adalah resep yang mudah dicoba dari resep makanan, minuman dan resep kue sederhana koleksi kami yang sudah terbukti lezatnya, berasal dari sumber terpercaya dan telah diuji coba.

Setelah melihat cara pembuatan dan bahan yang diperlukan untuk resep widaran manis tepung ketan diatas, begitu gampang kan bunda cara memasak hidangan ini? Bunda juga dapat melihat koleksi resep cemilan praktis kami yang lain melalui 'pilih aneka resep' yang ada di samping kanan. Sebagai contoh silahkan lihat:

Kami yakin bunda dapat dengan mudah mempraktekkan resep yang satu ini di rumah sendiri dengan hasil yang sempurna asalkan bunda mengikuti langkah demi langkah resep widaran keju tepung ketan, telur gabus tepung ketan yang kami tuliskan dengan benar. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!
17 December 2018

Resep Wingko Babat Teflon Rasa Pisang Empuk Tahan Lama

Ketika berkunjung ke sebuah tempat kebetulan saya melihat harga wingko babat semarang cap kereta api dan cukup sepadan dengan rasanya yang enak, karena tidak sempat beli saya putuskan untuk membuatnya sendiri di rumah.

Salah satu resep kue panggang favorit keluarga kami adalah resep wingko babat teflon rasa pisang empuk tahan lama yang praktis dan gampang dibuat, bahan resep mudah didapatkan serta bisa dipraktekkan sendiri maupun bersama keluarga di rumah. Sebelumnya yuk kita lihat dahulu resep wingko babat teflon enak rasa pisang, sudah kami tuliskan resepnya secara ringkas dan jelas, silahkan di simak lalu dicoba, Bunda pasti bisa.. Ini dia resepnya :

Bahan Membuat Wingko Babat Pisang

150 gr santan kental
200 gr gula pasir (saya pake 100gr)
1/4 sdt garam
150 gr pisang ambon, haluskan atau blender
200 gr tepung ketan
350 gr kelapa parut (ambil putihnya saja)

Resep Wingko Babat Teflon Rasa Pisang Empuk Tahan Lama

cara membuat wingko babat rasa pisang empuk

CARA MEMBUAT WINGKO BABAT RASA PISANG

Campur santan, gula dan garam. Panaskan asal gula larut, dinginkan. Tambahkan pisang yang sudah dihaluskan, aduk rata.

Campur tepung ketan dan kelapa parut, aduk rata. Masukkan rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.

Bentuk bulat pipih, letakkan di wajan datar anti lengket yang dioles tipis minyak goreng sambil dibolak balik sampai matang.

TIPS MEMASAK WINGKO BABAT PISANG

Demikian cara membuat cara membuat wingko agar tahan lama simpel dan praktis kami suguhkan. resep kue panggang paling enak ini adalah resep yang mudah dicoba dari resep makanan, minuman dan resep kue sederhana koleksi kami yang sudah terbukti lezatnya, berasal dari sumber terpercaya dan telah diuji coba.

Setelah melihat cara pembuatan dan bahan yang diperlukan untuk cara membuat wingko agar tahan lama diatas, begitu gampang kan bunda cara memasak hidangan ini? Bunda juga dapat melihat koleksi resep kue panggang kami yang lain melalui 'pilih aneka resep' yang ada di samping kanan. Sebagai contoh silahkan lihat:

Kami yakin bunda dapat dengan mudah mempraktekkan resep yang satu ini di rumah sendiri dengan hasil yang sempurna asalkan bunda mengikuti langkah demi langkah resep wingko babat teflon rasa pisang empuk tahan lama yang kami tuliskan dengan benar. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!

Resep Bolu Meranti Asli Medan Pakai Happy Call

Ingin mencoba resep Bolu Meranti asli Medan itu atau bolu gulung nanas keju, beli di Jakarta harganya mahal banget yah dan akhirnya belajar sendiri bikin bolunya aja deh dan ternyata rasa nya 11:12 lah. Tantangan terletak pada proses penggulungan, perlu ekstra sabar karena kalau tidak hati-hati bisa patah.

Salah satu resep bolu panggang favorit keluarga kami adalah resep bolu meranti asli medan pakai happy call yang praktis dan gampang dibuat, bahan resep mudah didapatkan serta bisa dipraktekkan sendiri maupun bersama keluarga di rumah. Sebelumnya yuk kita lihat dahulu resep bolu meranti yang tahan lama, sudah kami tuliskan resepnya secara ringkas dan jelas, silahkan di simak lalu dicoba, Bunda pasti bisa.. Ini dia resepnya :

Bahan Membuat Bolu Meranti Happy Call

Bahan A Bolu Gulung Meranti Khas Medan :
3 sdm margarin (lelehkan, lalu dinginkan suhu ruang)
3 butir telur ayam
3 sdm gula pasir
1/2 sdt SP (cake emulsifier)
3 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena (resep asli tidak pakai)
1 sdm susu bubuk

Bahan B Bolu Gulung Meranti Khas Medan (Cairkan) :
Butter 100 gram
Maragrine 25 gram
Extrak vanila 1 sendok makan

Bahan Isi Bolu Gulung Meranti Khas Medan :
Selai strawberry ( untuk bolu gulung isi straeberry )
Buttercream dan Keju cheddar parut ( Untuk bolu gulung isi Keju )
Cara Membuat Bolu Gulung Meranti Khas Medan :

Resep Bolu Meranti Asli Medan Pakai Happy Call

resep bolu meranti yang tahan lama

CARA MEMBUAT BOLU MERANTI HAPPY CALL

Mixer telur ayam, gula pasir dan SP dengan kecepatan tinggi hingga putih dan kaku.

Tambahkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sembari di ayak, aduk dengan spatula.

Lalu tambahkan margarin cair aduk lipat perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.

Siapkan happycall yang sudah diolesi dengan margarin, beri lembaran kertas roti, olesi lagi dengan margarin, lalu tuang adonan

Panggang dengan api kecil, kurang lebih 15 menit. (lama pemanggangan tergantung oven masing-masing, panas api kompor yang ditimbulkan)

Jika sudah matang silahkan angkat bolu dari happycall, lalu lepaskan perlahan kertasnya sembari bolunya digulung (pelan-pelan jangan sampai patah).

Selanjutnya apabila bolu sudah dingn, berilah isi dengan isian yang sudah disiapkan tadi, yaitu selai strawbery dan keju, olesi rapih lalu digulung.

Setelah diberi isian dan digulung rapih dengan menggunakan kertas roti, jangan lupa masukkan sebentar bolu gulung ke dalam kulkas agar bolu lebih padat dan tidak terbuka gulungannya. proses ini hanya memerlukan waktu 10 menit saja.

Potong sesuai selera, siap dihidangkan.

Resep Bolu Gulung Meranti Khas Medan

resep bolu meranti yang tahan lama cara membuat bolu gulung meranti asli medan resep bolu gulung meranti panggang happy call

TIPS MEMBUAT BOLU MERANTI

Pada kali pertama bikin bolu meranti, banyak dari bunda-bunda sering tidak pakai alas kertas roti, akibatnya menjadi kesusahan pas mau angkat bolu dari happycall nya, sehingga yang yang terjadi adalah bolunya patah belum diapa-apakan tapi tekstur kulit luarnya bagus.

Jangan putus asa, bunda terus coba saja bikin lagi menggunakan alas kertas roti sehingga akan gampang pas mengangkatnya, tapi ya gitu gak dapat tekstur kulit luarnya. Gak apa-apa deh yang penting bisa digulung dan hasilnya lembut.

Gunakan juga api yang kecil saja ya bunda, terus dan terus digeser-geser posisinya, ditengokin kalau udah 10 menitan, sehingga biar gak gosong.

Demikian cara membuat cara membuat bolu gulung meranti asli medan simpel dan praktis kami suguhkan. resep bolu panggang paling enak ini adalah resep yang mudah dicoba dari resep makanan, minuman dan resep kue sederhana koleksi kami yang sudah terbukti lezatnya, berasal dari sumber terpercaya dan telah diuji coba.

Setelah melihat cara pembuatan dan bahan yang diperlukan untuk cara membuat bolu gulung meranti asli medan diatas, begitu gampang kan bunda cara memasak hidangan ini? Bunda juga dapat melihat koleksi resep bolu panggang kami yang lain melalui 'pilih aneka resep' yang ada di samping kanan. Sebagai contoh silahkan lihat:

Kami yakin bunda dapat dengan mudah mempraktekkan resep yang satu ini di rumah sendiri dengan hasil yang sempurna asalkan bunda mengikuti langkah demi langkah resep bolu meranti asli medan pakai happy call yang kami tuliskan dengan benar. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!
11 December 2018

Resep Pidang Ikan Bawal Pedas Simpel + Tips Tidak Amis

Salah satu lauk pauk favorit keluarga kami adalah resep pidang ikan bawal pedas simpel + tips tidak amis yang praktis dan gampang dibuat, bahan resep mudah didapatkan serta bisa dipraktekkan sendiri maupun bersama keluarga di rumah.

Berawal dari kebosanan dengan ikan bawal yang biasanya cuman dibakar atau digoreng, kali ini saya memasaknya menjadi pindang bawal yang pedas manis asem suegeerrr pokoknya! Ikannya bisa bunda ganti menggunakan ikan lain seperti ikan bandeng misalnya, bahkan pakai cumi juga endes banget. Aroma rempah-rempahnya seger bangeeet.

Sebelumnya yuk kita lihat dahulu resep ikan bawal bumbu pindang pedas, sudah kami tuliskan resepnya secara ringkas dan jelas, silahkan di simak lalu dicoba, Bunda pasti bisa.. Ini dia resepnya :

Bahan Memasak Pindang Ikan Bawal Pedas

Bahan Segar:
1 ekor ikan bawal, cuci bersih, potong sesuai selera, kasi garam dan asam jawa/perasan jeruknipis, sisihkan

Bumbu Halus:
3 buah kemiri, sangrai dahulu
2 siung bawang putih
6 siung bawang merah (bisa ditambah jika kurang pedas)
6 buah cabe rawit (bisa ditambah jika kurang pedas)
Seruas kunyit (optional = boleh tidak pakai)

Bumbu Lainnya:
Daun salam
1 batang sere
Daun jeruk
1 buah tomat, diiris
Cabe rawit sesuai selera
2 sendok makan minyak goreng
Garam
1 liter air
1/2 sendok makan asam jawa

Resep Pidang Ikan Bawal Pedas Simpel

cara membuat ikan bawal bumbu pindang


CARA MEMASAK IKAN BAWAL BUMBU PINDANG PEDAS

Tumbuk semua bumbu halus di atas (boleh diuleg atau diblender)

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan asam jawa, garam, lalu masukkan juga air dan didihkan.

Jika sudah mendidih, masukkan ikan yang sudah dipotong dan dicuci bersih, daun salam, sereh daun jeruk, cabe rawit,

Lanjutkan memasak hingga ikan matang, jangan terlalu lama, saya biasanya sekitar 7 menit ikan sudah matang, karena kalau over cook ikan jadi alot

Jika sudah siap santap, masukkan tomat yang sudah diiris, aduk-aduk sebentar, angkat dari atas kompor, hidangkan dengan nasi hangat.

TIPS MEMASAK

Agar ikan bawal tidak terasa amis ketika dimakan, ketika sudah dicuci bersih, tambahkan garam, perasan air jeruk nipis, atau jeruk nipis bisa diganti dengan asam jawa.

Demikian cara membuat ikan pindang bawal beserta bumbunya simpel dan praktis kami suguhkan. resep olahan ikan paling enak ini adalah resep yang mudah dicoba dari resep makanan, minuman dan resep kue sederhana koleksi kami yang sudah terbukti lezatnya, berasal dari sumber terpercaya dan telah diuji coba.

Setelah melihat cara pembuatan dan bahan yang diperlukan untuk ikan pindang bawal beserta bumbunya diatas, begitu gampang kan bunda cara memasak hidangan ini? Bunda juga dapat melihat koleksi resep olahan ikan kami yang lain melalui 'pilih aneka resep' yang ada di samping kanan. Sebagai contoh silahkan lihat:

Resep Olahan Ikan Lainnya: Semur Tongkol Pedas Manis

Kami yakin bunda dapat dengan mudah mempraktekkan resep yang satu ini di rumah sendiri dengan hasil yang sempurna asalkan bunda mengikuti langkah demi langkah resep pidang ikan bawal pedas simpel + tips tidak amis yang kami tuliskan dengan benar. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!
10 December 2018

Resep Banana Cotton Cake Homemade Dikukus IRIT TELUR

Sudah lama kepingin cobain bikin resep banana cotton cake ini sendiri di rumah tapi apa daya belum punya cetakannya. Akhirnya dapat juga cetakan banana nya, dan langsung saja cuuuusss berangkat ke dapur alhasil jadilah kue pisang imitasi alias kw ini.

Bagi yang tidak suka perasa kimia buatan pabrik, silahkan ganti dengan pisang ambon asli. Kue ini praktis dan tidak ribet karena untuk memasaknya kita hanya dikukus saja.

Berikut ini resep cara bikin resep banana cotton cake homemade dikukus irit telur praktis dan gampang dibuat + bahan resep mudah didapatkan serta bisa dipraktekkan sendiri di rumah untuk keluarga. Sebelumnya yuk kita lihat dahulu resep cara membuat banana cake imitasi, dan di bawah ini kami sajikan resep masakan secara lengkap, silahkan di simak lalu dicoba, Bunda pasti bisa.. Ini dia resepnya :

Bahan Banana Cotton Cake

300 gr terigu
200 gr gula pasir
4 butir telur
1 sdt SP
1 bungkus vaneli bubuk
100 ml minyak goreng
50 ml susu cair
1 buah pisang ambon yang mateng (atau diganti 2 sdm esense pisang ambon yg dijual dipasaran)

Meses untuk isian
Pewarna kuning secukup nya
Coklat batangan kuning / Coklat leleh kuning untuk lapisan luar
DCC (Dark Cooking Chocolate) / Coklat batang leleh
Cetakan pisang ukuran M

Resep Banana Cotton Cake Buatan Sendiri

banana cotton cake recipe


CARA BUAT BANANA COTTON CAKE

Pertama, panaskan kukusan sampai mendidih.

Gula, telur, SP, dan vanili di mixer sampai kental mengembang (kurang lebih 10 menit)

Masukan terigu, minyak, susu cair, pisang yg telah di lumatkan, kocok kembali sampai tercampur rata.

Oles cetakan banana cake dengan mentega, tuang adonan setengahnya saja, taburin meses, lalu penuhi cetakan dengan adonan sampai penuh.

Kukus adonan sampai matang selama kurang lebih 10 menitan, angkat dan lepas dari cetakan selanjutnya lapisi dengan coklat leleh kuning.

Langkah terakhir, beri sedikit coretan coklat leleh DCC dengan menggunakan kuas.. biar kaya pisang beneran. Jika sudah tidak panas silahkan masukkan kulkas, dan siap dikonsumsi.

Banana Cotton Cake Homemade


TIPS MEMASAK

Selain dengan cara di kukus, bunda juga dapat menggunakan oven, caranya silahkan panggang menggunakan cara atau sistem au bain marie (loyang pisang ditaruh d atas loyang besar yang diisi air 1/4 loyang) pada suhu 170°C selama kurang lebih 40 menit.

Demikian cara membuat resep cara membuat banana cake imitasi simpel dan praktis kami suguhkan. Resep Kue Kukus paling enak ini adalah resep yang mudah dicoba dari resep makanan, minuman dan resep kue sederhana koleksi kami yang sudah terbukti lezatnya, berasal dari sumber terpercaya dan telah diuji coba.

Setelah melihat cara pembuatan dan bahan yang diperlukan untuk cara membuat banana cotton steam cake diatas, begitu gampang kan bunda cara memasak hidangan ini? Bunda juga dapat melihat koleksi Resep Kue Kukus kami yang lain melalui menu yang ada di samping kanan. Sebagai contoh silahkan lihat:

Kami yakin bunda dapat dengan mudah mempraktekkan resep yang satu ini di rumah sendiri dengan hasil yang sempurna asalkan bunda mengikuti langkah demi langkah resep banana cotton cake homemade dikukus irit telur yang kami tuliskan dengan benar. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!
9 December 2018

Resep Bolu Hongkong Rasa Durian & Pandan Praktis Buatnya

Bikin cemilan bolu hongkong untuk anak-anak yang pas di rumah, karena mumpung hari Sabtu mereka libur sekolahnya. Bolu ini gak bosenin karena enak sekali dan mudah cara membuatnya.

Yang suka cake model tekstur yang selembut kapas, tidak seret dan ada sensasi kriuk-kriuk kejunya yang terpanggang (jika menggunakan topping keju)...mesti nyobain cake yang satu ini ya! Karena orang yang gak terlalu doyan cake aja sampai makan berapa potong....alhamdulillah, senengnya!

Langsung saja kita siapkan bahan pembuat bolu hongkong berikut ini:

Bahan Bolu Hongkong

12 butir telur pisahkan kuning dan putihnya
250 gr Gula pasir (bagi 2: yang satu 150 gram, dan yang satunya lagi 100 gram)
1 sendok makan SP (apa itu bahan kue bernama SP?)
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sendok teh garam
Pasta pandan
Pasta durian

Bahan Adonan Tepung (Silahkan campur semua):
200 gr Terigu
50 gr Maizena
75 gr Susu bubuk
1 sendok teh baking powder
2 buah Sun kara kecil (@130ml)
150 gr Blueband, cairkan (boleh memakai margarin yg lain)

Resep Bolu Hongkong Rasa Durian & Pandan Praktis Buatnya

bolu hongkong home made, cara praktis membuat bolu hongkong non keju


CARA MEMBUAT BOLU HONGKONG YG PRAKTIS

Mixer atau campurkan dengan rata bahan putih telur sampai kaku, masukan jeruk nipis, garam, dan gula 150 gr lalu campur lagi sampai kaku, jika menggunakan mixer tandanya mixer agak berat tidak seperti saat pertama kali dimixer, jika sudah kaku sisihkan.

Kocok kuning telur dan gula 100 gram dan juga SP, kocok sampai kaku juga.

Masukan adonan tepung dan sun kara aduk rata, masukan adonan putih telur, lalu aduk rata kembali, jangan lama-lama mixernya. Matikan mixer masukan bluband cair aduk dengan spatula saja sampai rata ya..

Bagi 2 adonan: untuk yang kuning kasih pasta durian merek kupu-kupu, untuk yang hijau beri pasta pandan red bell dan pewarna hijau apel dari merk rajawali.

Siapkan 2 buah loyang ukuran 24x24x4 (p x l x t), alasi kertas lalu olesi margarin. Oven selama 30 menit sampai matang.

Jika sudah matang dinginkan dahulu, lalu tumpuk kayak lapis surabaya tengahnya kasih selai kesukaan bunda. Atau jika mau dipotong langsung juga oke kok.

TIPS MEMBUAT BOLU HONGKONG

Bunda juga dapat membagi adonan menjadi beberapa bagian lalu beri masing-masing pewarna makanan di setiap wadah lalu aduk, (Untuk pemberian warna dan rasa silahkan gunakan pop ice rasa anggur, durian, melon, vanila blue, mangga, dan strawberry), selamat mencoba dan selamat memasak!

Cara Membuat Telur Asin Nano Nano Sendiri di Rumah

Yuk simak cara membuat telur asin nano nano rasa bawang dan jahe sendiri di rumah bersama anak di hari minggu! Punya stok telur bebek atau telur ayam biasa tidak masalah semua bisa dimasak menjadi telur asin pedas.

Kebetulan di rumah kami lebih suka telur yang direbus daripada goreng alias telur dadar. Apalagi jika dibikin telur asin, hmmm pada suka! Kali ini saya coba buat telur asin yang rasanya tidak hanya sekedar asin saja tetapi ada rasa jahe dan juga rasa bawang, buat para pecinta telur wajib pada nyoba yah bunda.

Bahan Membuat Telur Asin Nano Nano

20 butir telur ayam atau telur bebek mentah (bisa dikurangi)
4 gelas air bersih
2 gelas garam kasar
2-3 cabe merah atau cabe putih rawit
3-5 siung bawang putih kupas
1 ruas jahe
1/2 ruas kunyit (sebagai pewarna, opsional)

Telur Asin Nano Nano

cara membuat telur asin nano nano dengan rendaman air garam

Resep Lain: Resep Telur Krispi Renyah!

Rahasia untuk para bunda, pada akhir halaman ini kami berikan tips supaya hasil telur asin bertekstur kenyal ataupun masir.

CARA MEMBUAT TELUR ASIN NANO NANO

Cara membuat telur asin dari telur ayam sangat mudah dilakukan sendiri di rumah yaitu dengan menggunakan rendaman air garam. Hasil yang didapatkan pun akan menjadi telur asin masir berminyak. Mulai dari langkah pertama berikut:
  1. Cuci bersih telur menggunakan spons agar bersih dari kotoran, jika ingin hasil lebih bagus maka gunakan sikat kawat agar air bumbu bisa meresap ke dalam telur secara sempurna
  1. Rebus garam dgn air lalu masukkan bawang putih, jahe & kunyit yang sudah digeprek (dimemarkan), dan masukkan juga cabe merah. Silahkan masak hingga garam larut.
  1. Tunggu hingga air garam benar-benar dingin, karena jika telur ayam atau telur bebek langsung dicemplungkan nanti bisa-bisa dingin duluan ya bunda he.
  1. Siapkan toples (boleh toples kaca maupun plastik), tata telur dalam toples secara perlahan dan hati-hati agar telur tidak sampai pecah. Tuangkan larutan garam berbumbu yang sudah dingin tadi. Tambahkan larutan sampai smua telor terendam sempurna. (Catatan: toples harus bisa merendam semua telur secara sempurna. Taruh sedikit air larutan garam ke dalam plastik putih bening ukuran 2-3 kg. Gunakan untuk menindih telur agar terendam sempurna, karena telur akan mengapung jika berada dalam air garam.)
  1. Diamkan selama 2 minggu, lalu cuci bersih telur yang direndam sampai bersih lalu rebus sampai matang kurang lebih 30 menit.
  1. Untuk mendapatkan telur yang lebih masir silahkan rendam lebih lama dalam larutan garam yaitu sekitar 3 minggu baru direbus.
cara membuat telur asin masir berminyak

TIPS MEMBUAT TELUR ASIN RASA BAWANG JAHE

Tips 1 
Konon katanya dalam cara membuat telur asin nano nano dengan cepat lebih bagus menggunakan cabe merah, karena nanti telurnya akan bisa berwarna merah juga. PS: Pada resep tersebut kami menggunakan cabe rawit biar pedes maksudnya. tapi ternyata enggak pedes sama sekali, next kami akan coba lagi menggunakan cabe merah keriting.

Tips 2 
Agar telur terendam semua di siasati dengan memasukan air pada kantong plastik, lalu masukan kedalam wadah di atas telur ya, kan tujuanya buat nindihin telurnya tutup rapat

Tips 3 
Setelah telur direbus, lalu ditiriskan, selanjutnya rendam sebentar dengan air dingin/air es untuk mendapatkan tekstur telur asin menjadi padat mengkal.
31 July 2018

Resep Masakan Tumis Sirih Cina Paling Mudah dan Enak

Resep Masakan Sirih Cina Paling Mudah dan Enak. Bunda pasti tahu yah dengan Sirih Cina atau Cekoh itu apa ? yang tak lain merupakan sebuah tanaman yang sering kali kita jumpai di kebun bahkan disekitar rumah kita. Bahkan kita menganggapnya sebagai tanaman liar yang sangat mengganggu dan mengotori halaman rumah, sehingga kita juga sangat serinng membuang tanaman tersebut begitu saja.

Tauhkan bunda ? sebenarnya, tanaman Sirih Cina atau Cekoh yang sering kali kita anggap sebagai tanaman pengganggu memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tuibuh kita loh bunda. Apa saja khasiatnya ?. Ya segudang khasiat yang dimiliki Sirih Cina atau Cekoh ini diantaranya dapat mengobati rematik, mengobati jerawat. menyehatkan mata dan masih banyak lagi manfaat yang dimiliki tanaman satu ini. Kali ini saya memasak Tumis Sirih Cina cara sangat mudah dan enak sekali. coba yuk ?

Resep Masakan Tumis Sirih Cina Paling Mudah dan Enak

masakan sirih masakan sirih cina masakan daun sirih resep masakan sirih tahu kapur sirih makanan resep masakan daun sirih aneka masakan tahu sirih tumis sirih sirihan ketumpang air


BAHAN YANG DIPERTLUKAN

2 ikat sirih cina / cekoh
3 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
4 buah cabe merah kriting, iris ( bisa dikurangi )
2 buah cabe rawit, iris
1/2 buah tomat merah, iris
1 sendok makan saus tiram
1 sendok teh kecap asin
Garam secukupnya
Kaldu bubuk / jamur secukupnya
Air secukupnya
Minyak secukupnya

CARA MEMBUAT TUMIS SIRIH CINA PALING MUDAH DAN ENAK

1. Pertama siangi terlebih dahulu sirih cinanya, kemudian cuci bersih

2. Iris bawang merah, bawang putih, cabai kriting, cabai rawit dan tomat

3. Siapkan wajan atau penggorengan, dan masukkan minyak goreng, tunggu sampai panas kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, cabai kriting, cabai rtawit, dan tomat yang sudah diiris - iris terlebih dahulu, tumis semua bahan sampai harum.

4. Setelah itu , baru masukkan sirih cinanya di bolak balik.

5. Kemudian masukkan saus tiram, kecap asin, garam, kaldu bubuk dan sedikit air, tunggu 3 menit saja yah bunda, jangan terlalu layu.

6. Tumis sirih cina paling mudah dan enak siap diangkat dan dinikmati.

Nb : Resep untuk 2 porsi yah bunda, Sebenarnya daun sirih cina juga bisa diolah  sebagai obat, jika diolah dengan tepat dan benar. Bukan hanya sekedar masakan saja bunda. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat nyeri tulang ( linu - linu , jika diminum secara rutin dan teratur.
Bahan - bahannya pun juga tidak suliot bunda, hanya  siapkan 3 batang  tanaman daun sirih cina direbus dengan segelas air selama 10 menit. Jadi deh dan siap untuk dikonsumsi sebagai obat. Rasanya seger  dan juga dapat menurunkan trigliserin.

TIPS MEMASAK

Resep masakan paling mudah dan enak untuk resep membuat tumis sirih cina paling mudah dan enak dari resep makanan, minuman, dan kue sederhana yang sudah di praktekkan dan dibuktikan kelezatan dari cita rasa dan aroma yang yang khas dalam setiap masakan. Apalagi sudah diuji coba sehingga jadilah resep masakan tumis cina paling mudah dan enak.

Bagaimana bunda , mundah sekali bukan ?? selain itu bahan - bahannyapun juga sangat mudah kita temui dipasaran. Di tambah lagi dalam memebuat masakan yang satu ini bunda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. jadi selamat mencoba yah bunda.

Satu lagi nih bunda, dalam memasak tumis daun sirih ini jangan terlalu lama yah bunda - bunda, nanti kandungan gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh bisa hilang semua. Karena, daun sirih cina ini memiliki tekstur seperti bayam dan kangkung yang mudah sekali layu jika terkena panas.

28 July 2018

Baso Tempe Sederhana Bekal Sekolah

Baso Tempe Sederhana Bekal Sekolah. Siapa sih yang tidak suka dengan menu makanan yang satu ini, yaitu BASO. Kali ini bunda - bunda dirumah tidak perlu bingung lagi untuk membuat menu sehat  untuk bekal disekolah dan yang pastinya juha hemat dikantong yang bun ?.

Baso tempe dapat dijadikan salah satu menu yang perlu dicoba nih bun, kalau biasanya buah hati makan baso dengan menggunakan aneka daging, kali ini bunda dapat menggatinya dengan menggunakan tempe, sudah pasti dan jelasnya kandungan gizi yang terdapat didalam tempe tidak kalah banyaknya yang terdapat pada daging, apalagi baso tempenya bisa bunda tambahkan dengan aneka sayuran kesukaan buah hati, seperti wortel, bayam, dan aneka sayuran lainnya. Dijamin sehat, murah meriah dan pastinya tanpa pengawet yah bunda.


Baaso Tempe Sederhana Bekal Anak Sekolah

resep bakso tempe tanpa telur cara membuat bakso tempe bakar cara membuat bakso tempe beserta kuahnya cara buat bakso tempe goreng cara buat bakso tempe isi telur resep buat bakso tempe goreng cara buat bakso tempe bakar cara membuat bakso tempe sederhana cara membuat bakso tempe goreng cara membuat bakso tempe yang enak cara membuat bakso tempe enak cara membuat bakso tempe dan tahu cara membuat bakso tempe tahu cara membuat bakso tempe kuah cara membuat bakso tempe isi telur cara membuat bakso tempe wortel cara bikin bakso dari tempe resep bakso tempe dan tahu resep bakso tempe tanpa daging resep bakso tempe dan kuahnya resep bakso tempe dan kuah cara membuat bakso tempe tanpa daging cara membuat bakso tempe untuk diet


CARA MEMBUAT BASO TEMPE SEDERHANA BEKAL SEKOLAH

1 Papan tempe
10 sedok makan tepung tapioka atau tepung kanji
2 sendok makan tepung terigu
1 - 2 buah wortel
2 batang daun bawang
3 - 4 siung bawang putih
2 butir telur
Lada bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Kaldu jamur atau kaldu bubuk secukupnya 

TIPS MEMASAK BASO TEMPE SEDERHANA BEKAL SEKOLAH

Pertama, siapkan dahulu semua bahan yang akan digunakan, kemudian potong potong daun bawang serta wortel yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan baso tempenya.

Setelah selesai potong - potong tempe menjadi dadu, agar lebih mudah ketika akan dihaluskan, setelah selesai potong potong kukus tempenya sampai layu kurang lebih sekitar 15 menit lalu baru angkat tempenya.

Jika sudah angkat, tempe bisa kita haluskan menggunakan blender atau diuleg pakai tangan yah bunda, masukkan tempe, telur, bawang putih, lada, garam, gula, kaldu jamur atau kaldu bubuk kedalam blender dan tambahkan sedikit air, blender sampai halus.

Selanjutnya siapkan wadah, yang akan digunakan untuk membuat adonan, dan masukan dan bawang dan wortel yang sudah dipotong - potong sebelumnya. DAn masukkan tepung tapioka atau tepung kanji serta tepung terigu, lalu masukkan adonan tempe yang sudah dihaluskan tadi.

Jika adonan sudah dimasukkan semua aduk rata, dan uleni sampai adonan dapat dibentuk bulat - bulat. Semantara itu apabila adonan sudah dapat dibentuk bulat - bulat didihkan air untuk merebus basonya, pada tahap ini airnya jangan terlalu mendidih yah bunda, seperti kita jerang air saja, asal airnya panas.

Lalu kita bentuk adonan baso tadi menjadi bulat - bulat, sampai adonan habis, baru kita besarkan apinya agar mendidih atau sampai baso tempenya matang atau jika basonya sudah mengapung yang menandakan basonya sudah matang, dan bisa langsung kita ngkat serta tiriskan.

Setelah itu basonya bisa langsung kita olah menjadi menu kesukaan buah hati yah bunda, bisa dijadikan sate baso, dapat diolah menjadi baso saus asam manis dan sebaigannya bisa disimpan untuk persediaan.

Dijamin buah hati suka, karena rasa yang yummmi bangEt tidak kalah dengan baso daging yang biasanya kita jumpai dijalan - jalan. Dan yang pastinya olahan baso tempe bikinan sendiri jauh lebih sehat dan higienis yah bunda. menu baso tempe sederhana bekal sekolah yang satu ini patut di cob nih bunda. Selamat mencoba.